duniamotorsato

Just another WordPress.com site

Yuk Rawat Kopling Motor Anda

pada April 20, 2012

Melaju menggunakan motor menjadi alternatif pilihan untuk menghindari kemacetan di jalan raya ibu kota. Tidak hanya itu, sensasi yang berbeda juga dapat dirasakan ketimbang menggunakan angkutan umum atau mobil. Dengan memilih motor sebagai kendaraan rutinitas maka si pemilik akan dihadapkan dengan bermacam-macam perawatan agar terasa awet layaknya seperti baru meski sudah lama digunakan. Di dalam motor standar terdapat banyak sekali komponen-komponen penunjang dan itu harus mendapat perhatian serius. Satu diantara beberapa komponen motor yang harus dirawat adalah Kopling, nah apa saja yang perlu diperhatikan dalam merawat kopling ikuti petunjuk berikut :

Secara umum sistem transmisi motor terbagi dua jenis yaitu sistem transmisi kopling manual dan kopling otomatis. Kopling menjadi sangat penting karena berfungsi sebagai penyambung tenaga mesin ke transmisi penggerak roda. Untuk membedakan mana motor bersistem transmisi kopling manual dan otomatis sangat mudah dan tentunya anda sebagai pengguna motor sudah mengetahuinya. Namun untuk urusan merawat kopling apakah anda sudah mengetahuinya? Oli menjadi salah satu jawabannya, ternyata manfaat mengganti oli secara rutin atau sesuai dengan waktunya sangat mengguntungkan banyak komponen motor terutama untuk kopling.

” Ya klo mau biar awet, harus kita rajin ganti oli” Menurut Menel selaku mekanik Bengkel Motor Pro Kiss, Citayam, Depok. Tenaga tarikan terasa lemah menjadi satu gejala umum yang timbul bila kopling motor sudah tidak sehat lagi terutama pada saat menggunakan kopling atau mengganti gigi. ” ya dari tarikan dampaknya bisa terlihat jelas, tarikan motor akan makin loyo dan udah nggak ada tendangannya lagi (tidak responsif) ” jelas Menel lagi.

Selain pergantian oli rutin, sang mekanik juga menyarankan untuk memperhatikan seksama bagioan kanvas kopling. ” Yang kedua ya coba dicheck kanvas kopling” ungkap Monel. Atau kalau kopling anda bisa bekerja awet dan tahan lama ia menyarankan agar mengganti per kopling. ” Kalau motor pengen lebih enak lagi, yang awet ya ganti pakai per baru ” katanya. Nah mulai sekarang cermatilah apakah anda sudah melakukan perawatan sederhana diatas ? Selamat mencoba dan pastikan kondisi kopling motor tetap terjaga hingga mesin akan selalu menghasilkan kinerja maksimal.[san/timABT, source : Menel/Pro Kiss, Citayam, Depok]


Tinggalkan komentar